Senin, 01 Agustus 2011

Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut sangat mengganggu terutama dalam menjalani aktivitas sehari-hari.  Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit perut, diantaranya :

1. Mengkonsumsi Antasida
Antasida dapat dengan mudah kita dapatkan karena antasida dijual bebas di warung terdekat. Antasida mengandung unsur seperti kalsium atau magnesium untuk menetralkan asam yang dikeluarkan oleh lambung (asam lambung). Konsumsi antasida sesuai dengan petunjuk penggunaan.

 2. Makanan Ringan
Pisang, nasi, saus apel dan roti bakar, ditambah teh, adalah satu paket makanan ringan yang dapat menenangkan kram perut dan merupakan makanan yang mudah dicerna. Yogurt juga merupakan alternatif minuman yang aman.

3. Minum
Setelah muntah maka tubuh akan kehilangan banyak cairan dan juga kehilangan elektrolit dan nutrisi lainnya, sehingga sangat perlu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan segera. Minuman seperti kacang hijau atau blackberry atau minuman yang memiliki kandungan antioksidan mempunyai efek menenangkan pada tingkat emosional.

4. Obat Herbal
Tanaman herbal seperti jahe, peppermint dan adas dapat digunakan sebagai alternatif solusi dari bahan alami untuk sakit perut. Peppermint dapat membantu pencernaan karena mempunyai sifat dapat menghilangkan gas dan mengurangi kram. Biji adas dapat mengurangi kembung dan meminimalkan produksi gas. Minum jahe, peppermint, atau teh adas setelah makan makanan yang terlalu pedas dapat berfungsi untuk menghindari gangguan pencernaan.

5.Probiotik
Sakit perut merupakan salah satu gangguan pencernaan. Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik. Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang membantu mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Semoga Lekas Sembuh !! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar